Laporan Kunjungan Industri Politeknik Pos "KALOG"

Laporan Kunjungan Industri 2 (KALOG)


EXPLORING THE WORLD WITH IT LOGISTIC
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI 2
(KALOG)

Oleh :
MUHAMAD RIFAN ZAMALUDIN

1.15.4.088
D4TI2B





PROGRAM DIPLOMA IV TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK POS INDONESIA
BANDUNG
2017
BAB 1
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah
Latar belakang diadakannya kunjungan industri ini agar mahasiswa mengenal dunia kerja. Selain itu mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja, mesin-mesin industri yang memadai, dll.
Mahasiswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagai rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.

Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman mahasiswa tentang dunia kerja serta menambah ilmu pengetahuan. Mahasiswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang industri dan proses produksi di bidang IT dan bisnis. Mahasiswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh dari kampus. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
2.       Tujuan Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri sebagai berikut:
1.      Memperluas pengatahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong mahasiswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.      Mendorong mahasiswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.      Membantu mahasiswa melaksanakan program diklat.
6.      Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.
7.      Untuk Belajar (tidak hanya tau teknik tapi juga praktik dan cara pemasarannya).
3. Lokasi Kunjungan Industri
        PT. Kereta Api Logistik

BAB II
PEMBAHASAN
PT. Kereta Api Logistik adalah nama salah satu perusahaan PT. Kereta Api Indonesia yang bergerak di bidang angkutan barang berbasis kereta api. Pada kesempatan kali ini saya melakukan kunjungan industri ke PT.KaLOG. Pada saat saya melakukan kunjungan industri ini, dari pihak KaLog menjelaskan tetang IT pada perusahaan tersebut.
GM IT di PT.KaLOG adalah Bapak Tatang Kusdiman. Beliau menyampaikan bagaimana IT pada perusahaan KaLog. Layanan Bisnis pada PT.KaLog terdapat 6 yaitu :

1. KA KONTAINER
2. KA NON KONTAINER
3. BHP KURIR
4. LO – LO BATUBARA
5. TERMINAL BARANG
6. PENGELOLAAN AREA PERGUDANGAN

Sistem Informasi pada Perusahaan PT.KALOG
1. Aplikasi
    - Front End
    - Back End 
2. IT Infrastrutur
    - Server
    - Network 
3. SDM
KA KONTAINER memiliki kapasitas :
-          2 rangkaian KA, 30 GD @60 TEUs
-          1 rangkaian KA, I5 GD (30 Teus)
Layanan Station-to-station, Door-to-door
Relasi :
-          Jakarta (SAO) – Surabaya (KLM)
-          Bandung (Gedebage) – Jakarta (Pasoso)
Keunggulan KA Kontainer :
-          Efisiensi waktu (lebih cepat)
-          Jumlah muatan yang lebh banyak (tonase)
-          Jaminan keamanan
-          KALOG menerapkan model pengawalan rangkaian KA
Setiap hari KALOG menjalankan 5 rangkaian KA dengan kapasitas 540 TEUs/hari

KA NON KONTAINER terdapat 2 KA yaitu :
-          KA Semen ( kapasitas angkut : 6000 ton/hari )
Terdapat 8 rangkaian KA Semen :
1.      Arjawinangun – Brambanan
2.      Arjawinangun – Purwokerto 1 dan Purwokerto 2
3.      Arjawinangun – Semarang Poncol
4.      Arjawinangun – Kalimas 1 dan Kalimas 2
5.      Nambo – Brambanan
6.      Nambo – Bayuwangi
7.      Nambo – Semarang Poncol
8.      Nambo – Cisaat 1 dan Cisaat 2

-          KA Aqua ( kapasitas angkut : 10.750 galon )
Hanya terdapat 1 rangkaian :
1.      Cicurug – Jakarta Gudang ( mengangkut gallon berisi )
2.      Jakarta Gudang – Cicurug ( mengangkut gallon kosong )
LO – LO BATUBARA kapasitas :
-          4 KA/Hari @64 TEUs (I8,6 ton/TEUs),4800 ton per hari
Pengembangan :
Kalog akan menangani I4 KA dengan rangkaian 40 GD per hari, dan peningkatan kapasitas dari I.000.000 ton menjadi 8.000.000 per tahun.
TERMINAL BARANG
            Kalog menyediakan terminal barang di sejumlah kota untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggan dalam melakukan kegiatan logistic pelanggannya. Saat ini KALOG telah mengelola sejumlah terminal, diantaranya :
-          Terminal Sungai Lagia, Tanjung Priok – Jakarta.
-          Terminal Jakarta Gudang, Kampung Bandan – Jakarta.
-          Terminal Kalimas – Surabaya.
-          Terminal Waru – Surabaya.
BHP KURIR
            Kalog melayani pengiriman barang dan dokumen melalui KALOG EXPRESS untuk kota-kota yang dilalui oleh jaringan rel kereta api di Pulau Jawa dengan waktu pengiriman 1-2 hari yang mencakup layanan station-to-station dan door-to-door. Selain itu KALOG EXPRESS juga melayani pengiriman barang dan dokumen ke luar negeri ke 220 negara.
PENGELOLAAN AREA PERGUDANGAN
            KALOG mengembangkan jasanya sebagai pengelola Area Pergudangan Transit, yaitu suatu kawasan dan infrastruktur untuk melayani bongkar/muat barang yang diangkut menggunakan rangkaian kereta api.
Saat ini terdapat dua kawasan Pergudangan Transit, yaitu Kawasan Pergudangan Transit Kampung Bandan Jakarta dan Kawasan Pergudangan Transit Pasarturi Surabaya.
Setiap kawasan dilengkapi dengan fasilitas pergudangan, fasilitas perkantoran, fasilitas bongkar/muat barang dari truck dari/ke gudang atau dari/ke gudang ke gerbong kereta api, dan proses pengemasan (packing barang-barang yang akan dikirim).
Bongkar/muat barang disamping dilakukan secara manual oleh manusia juga dibantu dengan berbagai alat, seperti forklift, trolly, dan lain-lain.

FOTO – FOTO KEGIATAN









BUKTI PLAGIARISM



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment