Laporan Kunjungan
Industri 2 (KALOG)
EXPLORING THE WORLD WITH IT LOGISTIC
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI 2
(KALOG)
Oleh :
MUHAMAD RIFAN ZAMALUDIN
1.15.4.088
D4TI2B
PROGRAM DIPLOMA IV TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK POS INDONESIA
BANDUNG
2017
BAB 1
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Masalah
Latar belakang
diadakannya kunjungan industri ini agar mahasiswa mengenal dunia kerja. Selain
itu mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan,
tata tertib kerja, mesin-mesin industri yang memadai, dll.
Mahasiswa juga
diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagai rekreasi,
tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara
mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja
di industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman
mahasiswa tentang dunia kerja serta menambah ilmu pengetahuan. Mahasiswa
dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk
memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan
untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang industri dan proses produksi
di bidang IT dan bisnis. Mahasiswa harus
membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh dari
kampus. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh
selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
2. Tujuan Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya
kunjungan industri sebagai berikut:
1. Memperluas pengatahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia
kerja.
2. Mendorong mahasiswa agar mempunyai minat bekerja di
perusahaan.
3. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja
perusahaan.
4. Mendorong mahasiswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan
tanggung jawab.
5. Membantu mahasiswa melaksanakan program diklat.
6. Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai
akhir.
7. Untuk Belajar (tidak hanya tau teknik tapi juga praktik dan
cara pemasarannya).
3. Lokasi Kunjungan Industri
PT. Kereta Api
Logistik
BAB II
PEMBAHASAN
PT.
Kereta Api Logistik adalah nama salah satu perusahaan PT. Kereta Api Indonesia
yang bergerak di bidang angkutan barang berbasis kereta api. Pada kesempatan
kali ini saya melakukan kunjungan industri ke PT.KaLOG. Pada saat saya
melakukan kunjungan industri ini, dari pihak KaLog menjelaskan tetang IT pada
perusahaan tersebut.
GM IT di PT.KaLOG adalah Bapak
Tatang Kusdiman. Beliau menyampaikan bagaimana IT pada perusahaan KaLog.
Layanan Bisnis pada PT.KaLog terdapat 6 yaitu :
1. KA KONTAINER
2. KA NON KONTAINER
3. BHP KURIR
4. LO – LO BATUBARA
5. TERMINAL BARANG
6. PENGELOLAAN AREA PERGUDANGAN
Sistem Informasi pada Perusahaan
PT.KALOG
1. Aplikasi
- Front End
- Back End
2. IT Infrastrutur
- Server
- Network
3. SDM
1. Aplikasi
- Front End
- Back End
2. IT Infrastrutur
- Server
- Network
3. SDM
KA KONTAINER memiliki kapasitas :
- 2 rangkaian KA, 30 GD @60 TEUs
- 1 rangkaian KA, I5 GD (30 Teus)
Layanan Station-to-station,
Door-to-door
Relasi :
- Jakarta (SAO) – Surabaya (KLM)
- Bandung (Gedebage) – Jakarta (Pasoso)
Keunggulan KA Kontainer :
- Efisiensi waktu (lebih cepat)
- Jumlah muatan yang lebh banyak (tonase)
- Jaminan keamanan
- KALOG menerapkan model pengawalan rangkaian KA
Setiap hari KALOG menjalankan 5
rangkaian KA dengan kapasitas 540 TEUs/hari
KA NON KONTAINER terdapat 2 KA yaitu
:
- KA Semen ( kapasitas angkut : 6000 ton/hari )
Terdapat 8 rangkaian KA Semen :
1. Arjawinangun – Brambanan
2. Arjawinangun – Purwokerto 1 dan Purwokerto 2
3. Arjawinangun – Semarang Poncol
4. Arjawinangun – Kalimas 1 dan Kalimas 2
5. Nambo – Brambanan
6. Nambo – Bayuwangi
7. Nambo – Semarang Poncol
8. Nambo – Cisaat 1 dan Cisaat 2
- KA Aqua ( kapasitas angkut : 10.750 galon )
Hanya terdapat 1 rangkaian :
1. Cicurug – Jakarta Gudang ( mengangkut gallon berisi
)
2. Jakarta Gudang – Cicurug ( mengangkut gallon kosong )
LO – LO BATUBARA kapasitas :
- 4 KA/Hari @64 TEUs (I8,6 ton/TEUs),4800 ton per hari
Pengembangan :
Kalog akan menangani I4 KA dengan rangkaian 40 GD per hari,
dan peningkatan kapasitas dari I.000.000 ton menjadi 8.000.000 per tahun.
TERMINAL BARANG
Kalog
menyediakan terminal barang di sejumlah kota untuk memudahkan pelayanan kepada
pelanggan dalam melakukan kegiatan logistic pelanggannya. Saat ini KALOG telah
mengelola sejumlah terminal, diantaranya :
- Terminal Sungai Lagia, Tanjung Priok – Jakarta.
- Terminal Jakarta Gudang, Kampung Bandan – Jakarta.
- Terminal Kalimas – Surabaya.
- Terminal Waru – Surabaya.
BHP KURIR
Kalog
melayani pengiriman barang dan dokumen melalui KALOG EXPRESS untuk kota-kota
yang dilalui oleh jaringan rel kereta api di Pulau Jawa dengan waktu pengiriman
1-2 hari yang mencakup layanan station-to-station dan door-to-door. Selain itu
KALOG EXPRESS juga melayani pengiriman barang dan dokumen ke luar negeri ke 220
negara.
PENGELOLAAN AREA PERGUDANGAN
KALOG mengembangkan jasanya sebagai
pengelola Area Pergudangan Transit, yaitu suatu kawasan dan infrastruktur untuk
melayani bongkar/muat barang yang diangkut menggunakan rangkaian kereta api.
Saat ini terdapat dua kawasan Pergudangan Transit, yaitu
Kawasan Pergudangan Transit Kampung Bandan Jakarta dan Kawasan Pergudangan
Transit Pasarturi Surabaya.
Setiap kawasan dilengkapi dengan fasilitas pergudangan,
fasilitas perkantoran, fasilitas bongkar/muat barang dari truck dari/ke
gudang atau dari/ke gudang ke gerbong kereta api, dan proses pengemasan (packing barang-barang
yang akan dikirim).
Bongkar/muat barang disamping dilakukan secara manual
oleh manusia juga dibantu dengan berbagai alat, seperti forklift,
trolly, dan lain-lain.
FOTO – FOTO KEGIATAN
BUKTI
PLAGIARISM
ConversionConversion EmoticonEmoticon